Cara Mengukur Parket

Cara Mengukur Parket

Cara Mengukur Parket sebenarnya tidak terlalu sulit asalkan Anda mengerti bagaimana cara mengukur parket. Sebagai langkah awal, Anda hanya perlu mengukur luas ruangan Anda dengan cara melakukan perkalian antara panjang dan lebar ruangan Anda.  Anda dapat memecah ruangan menjadi area area yang lebih kecil untuk mempermudah perhitungan apabila ruangan Anda tidak segi empat.

Berikut ini kita akan  mengambil kasus untuk menghitung luas ruangan berbentuk segi empat :

cara mengukur parket sederhana

Pada gambar ilustrasi diatas tampak bahwa ukuran ruangan adalah 8 m x 6 m yaitu 48 m2.

Selanjutnya kita akan mengambil kasus untuk menghitung luas ruangan yang bukan segi empat :

cara mengukur parket rumit

Pada kasus diatas, ruangan bukan berbentuk segi empat, sehingga kita perlu membagi ruangan ke dalam beberapa bagian yang lebih kecil untuk mempermudah perhitungan :

cara mengukur parket

Pada bagian paling atas, terlihat bahwa bagian tersebut memiliki ukuran 8 m x 2 m yaitu 16 m2. Pada bagian tengah tidak tampak berapa panjang bidang tersebut, jadi kita harus menentukan panjang bidang tengah terlebih dahulu. Kita dapat mengukur panjang bidang tengah mengunakan meteran, atau dapat juga dengan menggunakan gambar yang tersedia. Berdasarkan gambar diatas, panjang ruangan keseluruhan adalah 12 m dan bagian tengah menjorok kedalam sejauh 2 m sehingga dapat ditentukan bahwa panjang bida tengah adalah 12 m – 2 m yaitu 10 m. Selanjutnya kita tinggal melakukan perkalian panjang dan lebar dari bidang tengah 10 m x 2 m yaitu 20 m2. Pada bidang paling bawah terlihat bahwa ukuran bidang tersebut adalah 12 m x 5 m yaitu 60 m2. Terakhir kita hanya perlu menjumlahkan ketiga bidang tersebut 16 m2 + 20 m2 + 60 m2 yaitu 96 m2.

Setelah kita menghitung luas ruangan, kita dapat membeli lantai parket sesuai ukuran yang kita butuhkan. Agar tidak kurang saat membeli parket, sebaiknya Anda melebihkan 5% dari luas ruangan Anda. Untuk kasus 1 dengan luas ruangan 48 m2, 5% dari 48 m2 adalah 2,4 m2. Anda dapat memesan vinyl dengan luas 48 m2 + 2,4 m2 yaitu 50,4 m2. Dan pada kasus 2 dengan luas ruangan 96 m2, 5% dari 96 m2 adalah 4,8 m2. Anda sebaiknya memesan parket untuk luas 96 m2 + 4,8 m2 yaitu 100,8 m2.

Beberapa jenis parket tidak dijual dalam satuan m2, melainkan dalam bentuk box. Pada kasus tersebut Anda hanya perlu membagi luas parket yang Anda pesan dengan isi dari box dari parket tersebut. Jika Anda masih ragu tentang cara mengukur parket yang Anda butuhkan, Anda dapat menggunakan layanan survey gratis dari Decorindo Perkasa. Terimakasih.

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply